Bingung milih jurusan kuliah lewat SNMPTN?

Gak kerasa sekarang kita udah memasuki bulan Januari 2019 dan bukan rahasia umum lagi bahwa sebentar lagi kita akan bertemu dengan event tahunan yaitu seleksi masuk perguruan tinggi negeri atau PTN. Ok, kali ini gue mau mengulas sedikit bagaimana caranya supaya kita gak bingung milih jurusan pas SNMPTN. Kayaknya gue gak usah ngejelasin apa itu SNMPTN, karena gue yakin lo semua yang ngunjungi blog gue udah pada tau. Tanpa basa-basi lagi langsung to the point bagi lo yang sekarang masih bingung buat milih jurusan kuliah lewat SNMPTN yang mungkin ngerasa bahwa lo sedang berlayar di tengah samudera yang luas dan lo bingung nentuin arah kemana? Jadi, bagi lo yang masih bingung gue harap lo ingetin beberapa point yang gue kasih :

1. Pilih jurusan sesuai hati lo
Kenapa sih penting banget pilih jurusan sesuai hati lo? Karena menurut pengalaman gue dan para pejuang SNMPTN yang dulu-dulu bahwa yang bakal ngejalanin kuliah itu ya lo sendiri bukan temen lo, guru lo, orang tua lo dan orang lain selain lo sendiri. Terus gimana dong kalo ortu gue gak ngizinin buat pilih jurusan atau PTN tertentu? Ya, balik lagi ke pernyataan gue sebelumnya bahwa yang ngejalanin kuliah itu lo sendiri bukan orang tua lo, saran gue sih lo coba aja ngelobby atau ngobrol baik-baik sama orang tua lo kalo lo pilih jurusan itu karena begini begitu, terus apa yang mau lo lakuin kalo misalkan lo keterima di jurusan tersebut lo mau ngapain aja. Inget ngobrol baik-baik jangan ampe ngelawan sama orang tua apalagi durhaka nanti bukannya lo bisa kuliah tapi malah gak berkah ilmunya, lagian orang tua lo juga ngebesarin lo sampe segede gini pasti banyak pengorbanan baik dari segi finansial ataupun pendidikan.

2. Jangan dengerin kata orang lain
Maksudnya lo jangan ampe terpengaruh dengan orang-orang di sekitar lo yang bikin lo ngurungin niat buat milih salah satu jurusan. Karena seringkali kita butuh sikap bodo amat pada suatu hal supaya hidup lo nyaman seperti yang ditulis Mark Manson dalam bukunya "Sebuah Seni Untuk Bersikap Bodo Amat" (gue saranin deh lo baca juga bukunya). Misal guru-guru dan temen-temen lo bilang gini "jangan milih jurusan itu, soalnya saingannya banyak, susah masuknya, gak jelas prospek kerjanya" gue akuin aja pernyataan kayak gitu basi, gak usah didengerin lebih baik lo mencoba dan tau hasilnya daripada lo ngubur cita-cita lo cuma karena gara-gara pernyataan diatas.

3. Jangan cari aman
Pokoknya jangan sekali kali lo pilih jurusan ngasal supaya bisa keterima dan kuliah di sebuah PTN, karena dari beberapa kasus anak mahasiswa yang pilih jurusan cari aman ujung-ujungnya nyesel juga, ya walaupun yang tetep maksain kuliah juga ada karena mungkin beberapa faktor. Tapi yakin deh banyak juga yang akhirnya rela buat ikut tes SBMPTN lagi buat pindah jurusan. Gue gak mau kalian sia-siain waktu dan biaya cuma buat pindah jurusan. Pokoknya lu mesti bangun mental diri lo dan buat lo percaya diri untuk pilih jurusan yang lo pengen. 

4. Pilih jurusan yang orang tua juga Ridha
Salah satu yang mesti jadi pertimbangan juga yaitu ridha orang tua lo, seperti yang gue singgung sebelumnya mau gimanapun juga lo bisa sampai sekarang ini berkat dukungan dan asuhan orang tua lo kan, terus yang ngebiayaain kuliah lo juga pasti orang tua lo. Kan gue mau cari beasiswa biar gak nyusahin orang tua gue? Eh jangan salah emang lo dikasih uang buat ongkos lo ke kampus nanti, dikasih uang buat biaya administrasi lo awal-awal masuk kampus sama pihak yang ngasih beasiswa. Yang jelas itu semua jadi beban buat orang tua lo. Walaupun lo udah bisa nyari uang sendiri tetep lo juga gak bisa kayak sekarang tanpa campur tangan orang tua lo. Percaya atau ngga lo lah alasan terkuat buat mereka berjuang. Makanya kata gue juga lo coba aja tuh negosiasi sama orang tua perihal masa depan lo nanti dalam menentukan jurusan kuliah. 

5. Jangan terlalu berharap
Point kali ini bisa dibilang mungkin agak gak nyambung sama judul yang gue buat, tapi intinya lo jangan terlalu berharap buat keterima di jalur SNMPTN sampe lupa belajar buat SBMPTN saking yakinnya bakal keterima lewat SNMPTN. Pokoknya lo jangan lupa mempersiapkan segala perlengkapan sebelum lo terjun ke gladiator buat berjuang masuk PTN impian. 

6. Harus realistis jangan idealis
Jangan mentang-mentang salah satu jurusan kalo lulus bakal dapet gaji gede atau gengsi sama orang lain. Seperti contoh lo pilih Pendidikan Dokter tapi lo sendiri gak mampu buat memantaskan diri buat jadi dokter, apakah lo siap kalo mau operasi pasien, kuat gak kalo liat darah, siap gak nolong orang walaupun gak dikasih upah, dan banyak tetek bengek lainnya. Intinya sih lo realistis sama diri lo sendiri kira-kira lo mampu kuliah di jurusan apa. 

7. Jangan lupa berdoa
Sengaja gue tulis point ini terakhir supaya dapet momen lah, karena doa adalah bagian terpenting dari setiap keberhasilan lo. Jangan ampe lupa sama yang nyiptain lo. Doa sesuai kepercayaan masing-masing aja. Kalo bagi muslim sih gue saranin sering-sering shalat istikharah, dhuha, sama tahajjud deh. Terus jangan lupa minta dia orang tua, guru, temen-temen, atau siapa aja deh yang lo kenal buat keberhasilan lo. 


Ok, sekian aja tulisan dari gue semoga bermanfaat bagi semuanya, mohon maaf banget jika dalam penulisan gue banyak kekurangannya, jangan lupa follow IG gue @angganirwana_pr (eh bercanda deh) . Terakhir gue masih quote buat kalian semua. 

“Jika kamu gagal satu kali maka berbahagialah, karena sejatinya kamu telah menghabiskan satu kali jatah kegagalan kamu„







Comments

  1. Mantul. Mampir juga di blog ane, ahmadfauziblogaddress.blogspot.com . Dizamin,banyak bacaan yang gak berfaedah. Wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Insya Allah nanti mampir hehe.. Suka malu dipuji sama yang lebih ahli

      Delete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete

Post a Comment